Langsung ke konten utama

PEMBENTUKAN CITRA DALAM OPINI PUBLIK (PR) #3

 Halo perkenalkan nama saya Prima Ramadhan, disini saya akan menyampaikan serta merangkum Opini Publik dalam pertemuan dan Materi Ketiga! Mohon disimak dan dibaca ya teman2!!!

Citra ialah pengetahuan mengenai kita dan sikap-sikap terhadap kita yang mempunyai kelompok-kelompok yang berbeda. nah disini kita akan memahami dalam pembentukan citra dalam opini publik.
Dalam masyarakat modern, pendapat umum bisa mensejajarkan. 
fungsinya dengan standard normatif lainnya (seperti tradisi, agama, hukum maupun anggapan umum). Bahkan posisinya kerapkali menjadi sangat dominan atau menjadi pilihan dalam menentukan keputusan.

cc : goggle

Proses Pembentukan Opini Publik
Adanya sesuatu hal atau isu yang harus diselesaikan sehingga seseorang mencari cara agar dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Masalah tersebut merupakan suatu masalah yang baru, masalah yang sebelumnya tidak ada dan baru muncul. Maka dari itu perlu untuk mendiskusikan alternatif penyelesaian masalah baru tersebut.

Diadakan diskusi kemudian mengambil keputusan yang melahirkan kesadaran terhadap kelompoknya.
Guna melaksanakan sebuah keputusan, haruslah disusun sedemikian rupa agar tidak diekspos ke media massa.


Nahh, dalam pembentukan citra ini, segala jenis opini (opini positif ataupun opini negatif) itu sangat berpengaruh banget terhadap pencitraan sebuah organisasi/perusahaan. 

 

Dari situ bisa kita ambil kesimpulan, kalau mau membentuk citra yang baik, maka sebuah organisasi/perusahaan perlu mendapatkan opini positif dari publik. Siapa sih yang bertanggung jawab dalam hal ini? Itu jawabannya udah ada di judul, iyaap, PR atau public relations. 


Opini Publik untuk PR

Suatu konfirmasi dan pernyataan terhadap keinginan, kebutuhan yang diungkapkan lewat berbagai ide, pendapat, usulan, kritik, keluhan.


Jadi sebenernya tugas PR itu ngapain sih? Tugas PR itu adalah memperkenalkan diri kepada publik dengan memberikan nilai-nilai penting yang bisa mendekatkan produk atau jasa organisasi/perusahaan kepada publiknya

nah cukup sudah penjelasan materi pembetukan citra dalam opini publik. jadi gitu guyss.. gampang banget kannn? :))  semoga membantu dan dapat memahami materi ini!! see you next time dalam blogspot selanjutnya, stay tune teman-teman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi : Social Network Analisis #5

    JARINGAN SOSIAL NETLYTIC (Menggunakan Netlytic.org) Halo, saya Prima Ramadhan, seorang mahasiswa aktif di AKMRTV Jakarta. Blog ini dibuat sebagai tempat untuk berbagi catatan rangkuman materi kuliah, tips belajar, dan sumber daya akademis lainnya. Semoga blog ini membantu kamu dalam perjalanan akademis kamu ya! Netlytic adalah sebuah aplikasi berbasis web penganalisis teks berbasis cloud dan visualisasi jaringan sosial. Netlytic secara otomatis dapat meringkas volume teks yang besar dan menemukan serta memvisualisasikan jaringan sosial dari percakapan pada situs media sosial seperti Twitter, Youtube, komentar blog, forum daring, dan obrolan1234. Disini penulis ingin menggunakan Netytic untuk menganalisa terkait Database Youtube Podcast Kaesang untuk dapat dilihat dan dipelajari terkait jaringan sosial di kolom komentar channel youtube tersebut. Gambar 1.1 Gambar 1.2 Gambar 1.3 Gambar 1.4 Gambar 1.5 Gambar 1.6 Gambar 1.7 database Comment Podcast Kaesang Jika Kamu memiliki pertanyaan

Rangkuman Materi : Social Network Analisis #4

  MENGIMPLEMENTASIKAN JARINGAN SOSIAL  (menggunakan adjacency matrix & aplikasi software Ghepi) Halo, saya Prima Ramadhan, seorang mahasiswa aktif di AKMRTV Jakarta. Blog ini dibuat sebagai tempat untuk berbagi catatan rangkuman materi kuliah, tips belajar, dan sumber daya akademis lainnya. Semoga blog ini membantu kamu dalam perjalanan akademis kamu ya!  Jejaring  Sosial dapat dbentuk ketika terdapat entitas (manusia, perusahaan, organisasi,dll.) yang berinteraksi dengan entitas lainnya dalam suatu lingkup sosial. Terdapat beberapa cara umum untuk memformulasikan sebuah Graf, diantaranya menggunakan edge list dan adjacency matrix. Kedua cara tersebut dapat digunakan untuk merepresentasikan jejaring sosial yang memiliki arah, tidak memiliki arah, memiliki bobot, tidak memiliki bobot. Gambar Excel 1.0 Adjacency Matrix Social Network Prima Ramadhan Gambar Excel 2.1 Data Laboratory  Gambar Ghepi 2.2 Preview Tabel Gambar Ghepi 2.3 Overview Graph tabel Jika Kamu memiliki pertanyaan, sar

Rangkuman Materi : Social Network Analisis #2

  Halo, saya Prima Ramadhan, seorang mahasiswa aktif di AKMRTV Jakarta. Blog ini dibuat sebagai tempat untuk berbagi catatan rangkuman materi kuliah, tips belajar, dan sumber daya akademis lainnya. Semoga blog ini membantu kamu dalam perjalanan akademis kamu ya!  Toeri -Teori Jaringan  Teori Graf Teori graf merupakan sebuah pokok bahasan yang muncul pertama kali pada tahun 1736, yakni ketika seorang matematikawan Swiss, L.Euler. GRAF adalah Himpunan titik pada bidang dan himpunan segmen garis (mungkin melengkung), yang masing-masing menghubungkan dua titik atau menghubungkan titik dengan dirinya sendiri. cc : Materi 2 JENIS-JENIS GRAF Simple Graphs and General Graphs Proper Edge - Tepi yang menghubungkan dua simpul yang berbeda. Self-Loop - Edge yang menghubungkan satu titik akhir dengan dirinya sendiri. Multi-Edge - Kumpulan dua atau lebih tepi yang memiliki titik akhir yang identik. Simple Graph – Graf yang tidak memiliki self-loop atau multi-sisi. Looples Graph/Multi-Graph – Gra