Langsung ke konten utama

Rangkuman Materi : Social Network Analisis #2

 

Halo, saya Prima Ramadhan, seorang mahasiswa aktif di AKMRTV Jakarta. Blog ini dibuat sebagai tempat untuk berbagi catatan rangkuman materi kuliah, tips belajar, dan sumber daya akademis lainnya. Semoga blog ini membantu kamu dalam perjalanan akademis kamu ya! 

Toeri -Teori Jaringan 

Teori Graf

Teori graf merupakan sebuah pokok bahasan yang muncul pertama kali pada tahun 1736, yakni ketika seorang matematikawan Swiss, L.Euler.

GRAF adalah Himpunan titik pada bidang dan himpunan segmen garis (mungkin melengkung), yang masing-masing menghubungkan dua titik atau menghubungkan titik dengan dirinya sendiri.



cc : Materi 2

JENIS-JENIS GRAF
Simple Graphs and General Graphs
  • Proper Edge - Tepi yang menghubungkan dua simpul yang berbeda.
  • Self-Loop - Edge yang menghubungkan satu titik akhir dengan dirinya sendiri.
  • Multi-Edge - Kumpulan dua atau lebih tepi yang memiliki titik akhir yang identik.
  • Simple Graph – Graf yang tidak memiliki self-loop atau multi-sisi.
  • Looples Graph/Multi-Graph – Graf yang mungkin memiliki multi-sisi tetapi tidak selfloop.
  • (general) Graph – Graf yang mungkin memiliki self-loop dan/atau multi-sisi.
REPRESENTASI JEJARING SOSIAL DALAM BENTUK GRAF
Directed and Non-Directed Graphs


cc : Materi 2

  • Directed Graph – Graf yang setiap sisi/relasinya mempunyai arah.
  • Non-Directed Graph – Graf yang mempunyai sisi/relasi, tetapi tidak memiliki arah.
TEORI JARINGAN
Structural Hole, Weak Ties, Network Closure, Homofili 

STRUCTURAL HOLE THEORY

Teori lubang struktural dikembangkan untuk menjelaskan bagaimana mendapatkan keuntungan dari persaingan dalam jaringan sosial dan hubungan yang saling bersilangan (Burt, 1992).



cc : Materi 2

Seseorang yang beroperasi di dekat lubang struktural memiliki peluang terbesar untuk memiliki ide-ide bagus. (Burt, 2004; Liu, Chiu, & Chiu, 2010; Cowan & Jonard, 2007).

Penerapan Jaringan Teori Graf pada diri sendiri :) 


Jika Kamu memiliki pertanyaan, saran, atau ingin berbagi pengalaman kamu sendiri, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email di @prima222003@gmail.com atau melalui kolom komentar di setiap postingan.

Selamat mencoba membuat blog rangkuman materi kamu sendiri di platform Blogspot. Pastikan untuk konsisten dalam mengunggah konten dan menjaga blog kamu tetap informatif dan bermanfaat bagi mahasiswa lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi : Social Network Analisis #5

    JARINGAN SOSIAL NETLYTIC (Menggunakan Netlytic.org) Halo, saya Prima Ramadhan, seorang mahasiswa aktif di AKMRTV Jakarta. Blog ini dibuat sebagai tempat untuk berbagi catatan rangkuman materi kuliah, tips belajar, dan sumber daya akademis lainnya. Semoga blog ini membantu kamu dalam perjalanan akademis kamu ya! Netlytic adalah sebuah aplikasi berbasis web penganalisis teks berbasis cloud dan visualisasi jaringan sosial. Netlytic secara otomatis dapat meringkas volume teks yang besar dan menemukan serta memvisualisasikan jaringan sosial dari percakapan pada situs media sosial seperti Twitter, Youtube, komentar blog, forum daring, dan obrolan1234. Disini penulis ingin menggunakan Netytic untuk menganalisa terkait Database Youtube Podcast Kaesang untuk dapat dilihat dan dipelajari terkait jaringan sosial di kolom komentar channel youtube tersebut. Gambar 1.1 Gambar 1.2 Gambar 1.3 Gambar 1.4 Gambar 1.5 Gambar 1.6 Gambar 1.7 database Comment Podcast Kaesang Jika Kamu memiliki pertanyaan

Rangkuman Materi : Social Network Analisis #4

  MENGIMPLEMENTASIKAN JARINGAN SOSIAL  (menggunakan adjacency matrix & aplikasi software Ghepi) Halo, saya Prima Ramadhan, seorang mahasiswa aktif di AKMRTV Jakarta. Blog ini dibuat sebagai tempat untuk berbagi catatan rangkuman materi kuliah, tips belajar, dan sumber daya akademis lainnya. Semoga blog ini membantu kamu dalam perjalanan akademis kamu ya!  Jejaring  Sosial dapat dbentuk ketika terdapat entitas (manusia, perusahaan, organisasi,dll.) yang berinteraksi dengan entitas lainnya dalam suatu lingkup sosial. Terdapat beberapa cara umum untuk memformulasikan sebuah Graf, diantaranya menggunakan edge list dan adjacency matrix. Kedua cara tersebut dapat digunakan untuk merepresentasikan jejaring sosial yang memiliki arah, tidak memiliki arah, memiliki bobot, tidak memiliki bobot. Gambar Excel 1.0 Adjacency Matrix Social Network Prima Ramadhan Gambar Excel 2.1 Data Laboratory  Gambar Ghepi 2.2 Preview Tabel Gambar Ghepi 2.3 Overview Graph tabel Jika Kamu memiliki pertanyaan, sar